Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Siswa/Siswi dengan aktif mengunjungi ratusan pelajar setingkat SMA/SMK dan sederajat di SMA Swasta Nurani Belawan.

Data Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) mencatat pada 2022, enam nyawa per hari melayang akibat kecelakaan lalu lintas di Sumatera Utara. Wilayah Belawan, sebagai salah satu kecamatan di Kota Medan yang menjadi sorotan dengan tingkat kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi. Karena itu, Pemerintah Daerah, tergabung melalui Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut dan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

“Tujuannya sederhana : memberikan pemahaman sejak dini kepada para siswa tentang pentingnya tertib berlalu lintas,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus melalui Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Jalan Menson Septo Putranta.

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara menekankan, ketidakdisiplinan pengguna jalan dalam mematuhi peraturan berlalu lintas, terutama terkait dengan rambu dan marka jalan, menjadi penyebab umum kecelakaan. melalui Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Jalan Menson Septo Putranta menjelaskan bahwa rambu-rambu dan marka jalan adalah bagian dari perlengkapan jalan yang harus dipatuhi. “Rambu memberikan peringatan, petunjuk, perintah, maupun larangan yang memandu pengguna jalan. Jika diikuti dengan baik, keselamatan di jalan dapat meningkat,” tegasnya.

Pentingnya pemahaman ini disampaikan agar siswa bisa menerapkan aturan-aturan tersebut saat berkendara di jalan. Pihak kepolisian juga menyoroti pentingnya penggunaan helm sebagai langkah untuk mengurangi tingkat fatalitas akibat kecelakaan yang terjadi.

Respons dari SMA Swasta Nurani Belawan sangat positif. Mereka menyambut gembira kegiatan sosialisasi ini. Bahkan pihak sekolah berharap program serupa bisa dilakukan sesering mungkin dan berkelanjutan untuk memberikan dampak positif dalam generasi muda di Belawan.

Melalui sosialisasi ini, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara berharap anak-anak sekolah di Belawan dapat memiliki pemahaman yang kuat tentang keselamatan berlalu lintas, membentuk perilaku yang baik dan menjadi pelopor tertib berlalu lintas di masa depan. Rabu, (21/02/24). #dishubprovsu #dishubsumut #sumaterautara #sumuthebat #dishubsu #sumut