Dishub Sumut bersama Ditlantas Polda Sumut, BPTD Kelas II Sumut dan PT. Jasa Raharja Cabang Sumut, serta instansi dan stakeholder terkait melaksanakan Peninjauan Kesiapan Arus Mudik menjelang Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H di Stasiun Besar Kereta Api, Kota Medan dan Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan diawali dengan meninjau posko lebaran di Stasiun Besar Kereta Api Kota Medan, diikuti dengan pemeriksaan hasil tes urin kepada para petugas kereta api di ruang VIP. Selanjutnya, dilakukan pengecekan kondisi gerbong kereta api ekonomi Sribilah rute Medan-Rantauparapat.

Tidak hanya itu, tim juga meninjau posko pusat angkutan lebaran terpadu di pintu masuk Bandar Udara Internasional Kualanamu, serta memeriksa kesiapan pelayanan dari pintu keberangkatan hingga kedatangan di bandara tersebut.

Pemeriksaan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Kadishub Sumut Dr. Agustinus Panjaitan, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Sumut Mulyadi, Kepala BPTD Kelas II Sumut Dadan M Ramdan, Wadirlantas Polda Sumut AKBP Luthfi serta perwakilan Ditresnarkoba Polda Sumut.

Data menunjukkan, puncak arus mudik pada stasiun kereta api terjadi pada H-4 atau H-6 April dengan jumlah penumpang mencapai 123.000 orang, sementara untuk angkutan udara, puncak mudik terjadi pada tanggal 5 dan 6 April dengan lonjakan penumpang mencapai 29.000 orang. Terjadi kenaikan sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya.

“Dengan peninjauan ini, kami berharap kesiapan dan kelancaran arus mudik di stasiun kereta api dan bandar udara dapat terjamin, sehingga masyarakat dapat mudik ke kampung halamannya dengan nyaman dan aman untuk merayakan Idul Fitri 1445 H bersama keluarga,” pungkas Dr. Agustinus. Senin, (08/04/24). #dishubprovsu #dishubsumut #sumaterautara #sumuthebat #dishubsu #sumut