Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus Panjaitan, bersama Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman, dan Direktur Utama Angkasa Pura Aviasi I Achmad Rifai, meninjau langsung kesiapan Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) sebagai langkah mengantisipasi arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024. “Peninjauan ini kami lakukan untuk mengantisipasi arus balik lebaran,” ujar Kadishub Sumut Dr. Agustinus Panjaitan.

Kunjungan diawali dengan santap siang bersama Dandim 0204/DS Letkol Inf Alex Sandri dan Wakapolres Deli Serdang AKBP Juliani Prihartini. Selain mengevaluasi puncak arus mudik pada H-4 atau Sabtu, 6 April 2024, mereka juga meninjau langsung ke kantor AirNav cabang Medan.

Sokhib Al Rokhman menyampaikan, pada H-4, sebanyak 185 penerbangan di Bandara Kualanamu dengan rincian 139 penerbangan domestik (mengangkut 22.114 penumpang) dan 46 penerbangan internasional (7.195 penumpang), dengan total 29.219 penumpang.

Dalam peninjauan di AirNav Cabang Medan, GM AirNav Cabang Medan Wahyu Tirtaji Setyo Priyanto, menjelaskan kesiapan AirNav dalam memberikan pelayanan navigasi penerbangan. Kadishub Sumut Dr. Agustinus menyatakan, Dishub Sumut dan instansi terkait optimis bahwa arus balik yang diprediksi mencapai puncaknya pada Minggu, tanggal 14 April, akan berjalan lancar.

“Kami optimis menghadapi puncak arus balik, sebagaimana yang telah terjadi pada arus mudik. Kesiapan dan koordinasi antarpihak sangat penting untuk memastikan kelancaran penerbangan dan pelayanan kepada pemudik,” pungkas Dr. Agustinus, bertempat di Menara Pengawas KNIA. Sabtu, (13/04/24). #dishubprovsu #dishubsumut #sumaterautara #sumuthebat #dishubsu #sumut