xr:d:DAFy47qfSVc:566,j:3756425988549276290,t:24040508

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Perhubungan Sumatera Utara dalam rangka kesiapan pelayanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024. “Sidak ini merupakan bagian dari upaya rutin tahunan Ombudsman untuk mengawasi kesiapan pemerintah dalam mengendalikan arus mudik selama bulan suci Ramadan dan jelang Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

Anggota Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Ricky Nelson Hutahaean, Edward Silaban dan Frian Panjaitan, menyampaikan bahwa tujuan sidak ini, Ombudsman ingin memahami faktor-faktor yang memicu kepadatan arus mudik serta mengevaluasi kesiapan dan koordinasi Dishub Sumut dengan instansi terkait.

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara mengapresiasi langkah-langkah antisipasi yang dilakukan Dishub Sumut dalam mempersiapkan pelayanan Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024. “Dari sidak ini, kami telah memperoleh banyak informasi. Kesiapan dari Dinas Perhubungan Sumatera Utara sudah sangat baik, telah ada koordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian dan Jasa Marga, BPBD Sumut, dan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut,” ungkap Ricky Nelson Hutahaean.

Salah satu temuan yang diungkapkan adalah terkait kesiapan dalam mengantisipasi gangguan bencana alam di daerah rawan bencana. Termasuk, Dishub Sumut telah melakukan penanganan awal dengan memasang rambu-rambu keselamatan di titik-titik rawan longsor, rawan kecelakaan dan rawan kemacetan. Meskipun pengawasan terhadap jajaran sudah dilakukan secara ketat, masih ada aspek-aspek teknis yang perlu disempurnakan.

Pihak Ombudsman juga menyoroti persiapan dan pengawasan terhadap angkutan kendaraan, terutama angkutan bus. Masih ditemukan beberapa kendaraan yang menaikan dan menurunkan penumpang di luar terminal, yang dapat memicu kemacetan lalu lintas. “Soal naik turun penumpang di pool bus, juga tadi sudah dijawab Kadishub. Banyak perubahan yang terjadi, dengan penegasan Dishub Sumut soal naik turun penumpang di terminal telah berhasil menekan kemacetan lalu lintas,” tambah Ricky Nelson Hutahaean.

Selain itu, terkait dengan kenyamanan penumpang, sambung Ricky Nelson Hutahaean, koordinasi dan kerjasama Dishub Sumut dengan instansi terkait untuk memberikan fasilitas angkutan mudik gratis serta memastikan ketersediaan angkutan mudik yang memadai patut diapresiasi.

Sidak ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga bagi Dishub Sumut dalam mempersiapkan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 agar berjalan lancar dan aman bagi seluruh masyarakat Sumut yang akan pulang ke kampung halaman.

Kedatangan rombongan Ombudsman RI Perwakilan Sumut, disambut hangat oleh Kadishub Sumut Dr. Agustinus Panjaitan, Sekdishub Rochani Litiloly, Kabid Angkutan Jalan Yunus Pasodung, Kabid Perkabang H. Muchsin Harahap, Kepala Seksi Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek H. Umar Kayan dan Kasi Manajemen Lalu lintas Menson Septo Putranta Tarigan.

Dr. Agustinus menyatakan, Dishub Sumut berterima kasih kepada Ombudsman RI Perwakilan Sumut karena telah hadir dan mengawasi mereka dalam memberikan pelayanan transportasi publik yang terbaik selama masa mudik lebaran ini. Dishub Sumut juga mendapatkan beberapa masukan dari Ombudsman khususnya bagaimana memberikan ruang bagi para pemudik untuk menyampaikan keluhannya, saran/masukan perbaikan layanan pada masa mudik yang diselenggarakan.

“Kita harus bisa memastikan para pemudik mendapatkan akses untuk menyampaikan keluhan atau kalau mereka ingin komplain sebagai masyarakat pengguna jasa transportasi. Dengan masukan ini, ke depannya kita bisa merespon secara cepat segala keluhan masyarakat soal layanan transportasi,” ungkap Kadishub Sumut Dr. Agustinus.

Ombudsman RI Perwakilan Sumut juga mengapresiasi bagaimana Dishub Sumut bekerja sama dengan stakeholders dalam menyiapkan pelayanan transportasi publik yang baik dalam mendukung penyelenggaraan Mudik Gratis Lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, bertempat di Ruang Kerja Kadishubsu. Jum’at, (05/04/24). #dishubprovsu #dishubsumut #sumaterautara #sumuthebat #dishubsu #sumut