Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara sebagai Panitia Besar Bidang Transportasi PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 dengan tema “Peran Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dalam Mensukseskan PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara”.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara sebagai Ketua Bidang Transportasi PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara Dr. Agustinus Panjaitan, menyampaikan bahwa Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara akan mengintegrasikan teknologi aplikasi transportasi dan manajemen fleet.

“Kami akan menyiapkan aplikasi transportasi yang terintegrasi dengan sistem aplikasi yang dikelola PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara. Aplikasi ini memudahkan atlet, official, Panpel dan tamu untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan kendaraan, estimasi kedatangan, dan perkiraan waktu tunggu,” ujar Dr. Agustinus Panjaitan.

Teknologi tersebut mencakup manajemen fleet untuk memonitor dan melacak (tracking) kendaraan yang digunakan selama Kegiatan PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara. Dengan ini, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara berharap dapat memberikan layanan transportasi yang efisien dan terkoordinasi.

Rapat Koordinasi ini juga menegaskan dukungan dari pihak Otoritas Bandara Kualanamu, PT. Angkasa Pura Aviasi dan Ditlantas Polda Sumut. Otoritas Bandara Kualanamu berkomitmen menyediakan penanganan kedatangan dan keberangkatan penumpang dibandara, dan penyediaan posko terpadu serta area pengendapan bus. PT. Angkasa Pura Aviasi memastikan akan mengelola kedatangan dan kepulangan kontingen PON XXI Tahun 2024, termasuk penyiapan posko dan pengaturan bus. Sementara Ditlantas Polda Sumut siap menangani manajemen rekayasa lalu lintas dan patroli pengawalan untuk tamu-tamu VIP.

Dalam kesempatan tersebut, Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI juga menyatakan dukungannya dengan mengalokasikan anggaran APBN sebesar Rp 66 miliar untuk penyediaan sarana bus dalam penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak terkait, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara optimis, bahwa pemanfaatan teknologi dan sinergi antar pemangku kebijakan akan membawa PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara meraih sukses dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Kegiatan bertempat di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Jl. Kapten Maulana Lubis No. 7 Medan. Rabu, (06/03/24). #dishubprovsu #dishubsumut #sumaterautara #sumuthebat #dishubsu #sumut