Kegiatan Pawai Pembangunan berupa Karnaval Kendaraan Hias dan Penampilan Drum Band, pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB. Kegiatan Pawai Pembangunan melalui rute dari Kantor Gubernur Sumatera Utara – Jl. Pangeran Diponegoro – Jl. Kejaksaan dan berakhir di Jl. S. Parman. Sebagai bagian dari persiapan acara, pengendapan Kendaraan Hias akan dilakukan di Jl. Pangeran Diponegoro, Jl. R.A Kartini dan Jl. Hang Tuah.
Untuk menjaga kelancaran dan ketertiban lalu lintas selama kegiatan berlangsung, Pemprovsu bersama Pemko Medan, Polrestabes Medan dan jajaran Kodam I Bukit Barisan telah menyusun langkah – langkah antisipatif dengan menempatkan personil di sepanjang jalan yang dilintasi peserta Pawai Pembangunan serta melakukan penutupan ruas jalan yaitu : Jl. Pangeran Diponegoro, Jl. Kejaksaan, Jl. R.A Kartini dari arah Jl. Teuku Cik Ditiro menuju Jl. Diponegoro, dan Jl. Hang Tuah. Penutupan jalan akan dilakukan mulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB secara tentative menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.
Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf apabila mobilitas masyarakat akan terganggu untuk beberapa saat, dan kami mohon kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat, untuk mensukseskan kegiatan Pawai Pembangunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.