Dinas Perhubungan Provsu – Pelaksanaan Apel Pagi Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dipimpin Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Bapak Dr. Agustinus, S.SiT., M.T., sebagai Pembina Upacara yang diikuti seluruh ASN Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara. Beliau mengatakan dalam pidatonya pembangunan kependudukan dan keluarga berencana yang dilaksanakan merupakan rangkaian upaya dalam pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan pertumbuhan penduduk seimbang yang berkualitas. Pembangunan tersebut diarahkan sebagai upaya pengendalian kuantitas penduduk melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana serta pengembangan dan peningkatan kualitas penduduk melalui perwujudan keluarga kecil yang sejahtera.

Salah satu prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara adalah menurunkan angka prevalensi stunting sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal 29 Juni tiap tahunnya dan telah dilakukan sejak tahun 1993. Hari Keluarga Nasional merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan Nasional sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa. Momentum Hari Keluarga Nasional menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting.

Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2022 akan dilangsungkan di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 29 Juni 2022 secara daring yang dihadiri Presiden Republik Indonesia IR. Joko Widodo, dengan tema “AYO CEGAH STUNTING AGAR KELUARGA BEBAS STUNTING”. Dalam momentum ini kepada seluruh OPD Provinsi Sumatera Utara untuk memaksimalkan koordinasi dan kerjasama dalam mempersiapkan acara dengan baik.