Menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Provinsi Sumatera Utara bersama FLLAJ Kabupaten/Kota memetakan potensi gangguan lalu lintas di daerah yang menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional. Langkah ini dilakukan untuk menata dan menertibkan perilaku masyarakat berlalu lintas demi memastikan kelancaran acara olahraga nasional tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus, S.SiT, MT, mengungkapkan FLLAJ Provinsi bersama FLLAJ Kabupaten/Kota telah memetakan ruas jalan yang rawan gangguan lalu lintas di Kabupaten/Kota lokasi sebaran venue pertandingan PON, yakni Medan, Binjai, Deli Serdang, Langkat, Pematangsiantar, Simalungun, Toba, Karo, dan Samosir. Fokus utama penataan meliputi pengendalian perilaku penggunaan jalan, melawan arah, parkir liar, serta pemanfaatan badan jalan dan trotoar yang tidak sesuai peruntukan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus, S.SiT, MT, juga menjelaskan, FLLAJ terus bekerja di lapangan demi mengantisipasi potensi gangguan selama PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara. “Kami menargetkan penataan dan ketertiban lalu lintas hingga hari H pelaksanaan PON. Setiap Kamis, kami lakukan evaluasi untuk menyelesaikan kendala yang ada dalam mencapai target bersama,” tuturnya.

Untuk mendukung kelancaran transportasi, Bidang Transportasi PB Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara telah menyiapkan 949 unit kendaraan dan 239 unit tambahan dari Kementerian Perhubungan. “Jika ada permintaan di luar jadwal, seperti atlet yang ingin pulang lebih awal atau ketinggalan, kami akan menyiapkan kendaraan yang tersedia dan sesuai dengan kebutuhan,” tambah Dr. Agustinus.

Dengan upaya ini, Ditlantas Polda Sumut dan Dishub Sumut berharap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara berjalan lancar dan aman, memberikan pengalaman terbaik bagi atlet dan official serta memastikan sarana dan prasarana jalan dapat dimanfaatkan dengan baik. Rapat Koordinasi bertempat di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut. Selasa (30/07/24). #dishubsumut #dishubprovsu #PONXXI2024 #pemprovsu #sumaterautara #sumut