Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara bersama Ditlantas Polda Sumut dan stakeholder melaksanakan Simulasi Pengoperasian Layanan Transportasi PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara terkait Penjemputan Atlet, Official, dan Kontingen untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di beberapa lokasi penjemputan.

“Kami bersama instansi terkait melakukan simulasi penjemputan atlet dari bandara untuk memastikan kesiapan pelayanan transportasi bagi peserta PON,” ujar Dr. Agustinus, MT.

Dalam simulasi ini, turut terlibat Bidang Sekretariat PB PON XXI Tahun 2024 Apri, Bidang Pertandingan Maimun, Bidang Akomodasi Husnah dan Bidang Protokol Indra Siregar, Kasat PJR Ditlantas Polda Sumut Wisnu. Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara juga berkoordinasi dengan manajemen Bandara Kualanamu Internasional dan Dispora Provsu untuk memastikan kelancaran simulasi operasional PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut.

Dr. Agustinus, MT, menjelaskan, simulasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan Bidang Transportasi PB PON XI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut dalam menyambut kedatangan peserta PON XI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut, meliputi penanganan bagasi, operasi holding area, dan keberangkatan dari Bandara Kualanamu Internasional menuju Hotel Santika Dyandra. Didukung aplikasi TRANSPON SUMUT dan Fleet Management System, simulasi berjalan lancar. Layanan transportasi juga diuji coba menuju venue pertandingan, termasuk melakukan simulasikan bagaimana membawa atlet dari hotel penginapan menuju venue tempat pertandingan digelar di Gedung Bowling, Jalan Pancing. “Kendala minimal, meski ada beberapa titik kepadatan lalu lintas di Medan,” ujar Dr. Agustinus, MT.

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut juga menyiapkan 967 armada yang dibagi ke dalam lima kategori layanan, ditambah 300 Bus dari Kemenhub. Armada ini akan beroperasi mulai H-3 hingga H+2 Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut, melayani berbagai kebutuhan peserta dan tamu undangan. “Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut akan melibatkan lebih dari 15.000 peserta yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Sumut,” tambah Dr. Agustinus, MT.

Dengan persiapan matang dan simulasi yang sukses, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Ditlantas Polda Sumut dan Stakeholder terkait optimis dapat memberikan pelayanan transportasi terbaik selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut. Simulasi berlangsung di Bandara Kualanamu Internasional, Hotel Santika dan Gedung Bowling Jalan Pancing. Jum’at, (05/07/24). #dishubsumut #dishubprovsu