Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyampaikan harapannya agar Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Sumut menjadi penghubung dalam membangun sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan UGM terutama dalam pemanfaatan hasil-hasil penelitian terapan.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat terbuka untuk menerima masukan dari pengurus daerah dan para alumni UGM dalam merancang dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatera Utara 2025-2045,” kata Pj. Gubsu Hassanudin dalam sambutannya pada acara Halal Bihalal dan Temu Kangen Kagama Sumut Tahun 2024.

Menurutnya, banyak hasil penelitian UGM yang bisa di aplikasikan di Sumut, terutama dalam menangani berbagai permasalahan pembangunan di berbagai sektor seperti pertanian, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Pj Gubernur juga menekankan pentingnya peran alumni sebagai ‘agent of promotion’ yang bisa menjadi contoh kesuksesan dalam skala nasional maupun internasional.

Di sisi lain, Rektor UGM Ova Emelia menyampaikan pentingnya adaptasi pendidikan di era digital dengan memanfaatkan sumber ilmu dari berbagai praktisi. Sinergi antara kampus dengan alumni dan praktisi diharapkan dapat membawa UGM menuju puncak daya saing global dalam dunia pendidikan.

Acara tersebut juga menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan antara ribuan alumni UGM Sumut yang tersebar di seluruh daerah. Ketua Pengurus Daerah Kagama Sumut Mulianta Sitepu, menegaskan bahwa semangat persatuan dan kesatuan tetap menjadi kekuatan utama bagi Kagama Sumut.

Turut hadir Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Muhyan Tambuse, serta berbagai tokoh seperti Ketua Pengurus Cabang Kagama Sumut, Ketua Alumni Pertanian UGM, Dekan Fakultas Pertanian UGM dan Dekan Fakultas Filsafat UGM.

Hadir pula Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang merupakan alumni UGM, seperti Kepala Dinas Perhubungan Sumut Dr. Agustinus, MT, Kadis Pendidikan Sumut Ir. Abdul Haris Lubis, Kadis Perpustakaan Sumut Dwi Endah, serta Sekretaris DPRD Sumut Zulkifli, yang turut hadir memberikan dukungan. Acara ini bukan sekadar momentum bermaaf-maafan, namun juga untuk memperkuat sinergi antara alumni dan mendukung kemajuan pendidikan di Sumatera Utara. Acara dilaksanakan di Lantai 10 Kantor Bank Sumut. Minggu, (12/05/24). #sumuthebat #sumutlebihbaik #dishubsumut