Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dalam kemitraan yang terdiri dari Konsorsium York (SEI University of York, Pustral UGM, Clean Air Asia, dan UNEP) untuk membantu Indonesia mempercepat transisi transportasi rendah karbon dalam kerangka UK PACT Future Cities, di wilayah Mebidang. Kemitraan tersebut menggelar acara pengumuman pemenang Lomba Visi Terminal Binjai di Kota Medan pada Rabu, 27 Maret 2024. Kegiatan lomba dan penjurian berlangsung sejak November 2023 hingga Maret 2024 serta diikuti oleh 40 peserta lomba. Acara ini sekaligus juga menjadi ajang penguatan pemangku kepentingan dalam kegiatan pemetaan partisipasi di Terminal Binjai ini.


Hal tersebut menjadi bentuk nyata dukungan dari Consorsium York – UK PACT untuk memajukan solusi transportasi berkelanjutan yang bertujuan mengatasi tantangan dan mengeksplorasi solusi potensial untuk mempromosikan penggunaan transportasi publik dan mobilitas aktif di Mebidang Sumatra Utara.


Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara, Dr. Agustinus Panjaitan, dalam pidatonya menyampaikan terima kasih kepada Tim UK PACT yang telah menyelenggarakan kegiatan Lomba Visi Terminal Binjai dan para peserta lomba yang sudah berpartisipasi sehingga membantu Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara untuk bersama-sama menginisiasi perbaikan di Terminal Binjai.


“Kami percaya desain yang diusulkan dari Pemenang I, II, dan III adalah yang terbaik dan mempunyai visi ke depan. Kami berharap Tim UK PACT dapat mengimplementasikan inisiatif percontohan di area Terminal Binjai yang segera dapat dirasakan mayasakat dan memberikan dampak besar terhadap penentuan arah/wayfinding, keselamatan, keteraturan, dan integrasi dengan layanan kereta api.”


Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Binjai Chairin Fitri Simanjuntak, S.Sos, MM, Cities and Transport Lead British Embassy Jakarta Maria Renny Herdanti dan Ajeng Fajar Wati yang merupakan Analis Kebijakan Ahli Pertama di Pusat Pengelola Transportasi Berkelanjutan (PPTB) Kementerian Perhubungan.


Dewan juri yang terlibat memberi penilaian dalam lomba ini berasal dari (1) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sumatera Utara yang diwakili oleh Ir. Zulkarnain A. Muis M.Eng.Sc (2) Ikatan Arsitek Indonsea (IAI) Sumatera Utara oleh Dr. Ar. Achmad Delianur Nasution, ST., MT., IAI., AA., IAP., GP., (3) Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (Pustral UGM) oleh Dr. Ir. Arif Wismadi, M.Sc, (4) United Nation Environment Programme (UNEP) oleh Mr. Constant Cap, dan (5) Stockholm Environment Institute (SEI) University of York yang diwakili oleh Prof. Steve Cinderby dan Dr. Gary Haq.


Pada acara tersebut diumumkan pemenang sebagai berikut:
Juara I dengan skor penilaian 84,55 adalah desain berjudul Binjai Integrated Transport Hub (BIT
HUB). Ide tersebut digagas oleh para mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara (USU) yang beranggotakan Amir Asyrafi, Habib Fardian Muhammad Siregar, Heru Sanjaya, Ichsanuddin, dan Muhammad Billi Kautsar Lubis.


Juara II dengan total nilai 82,45 dimenangkan oleh desain yang mengangkat judul The Tactical Binjai: Reimagining Terminal Binjai with EcoNeo Vernacular Concept. Pemenang juara kedua berasal dari Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan anggota Anugrah Ambia, Muhammad Farhan Adam, Salma Sari Juliani, dan Yohana Aprilianna Juara III dimenangkan oleh desain dengan judul Being: Terminal Binjai yang mendapatkan nilai total 81,2. Juara ketiga tersebut dimenangkan oleh mahasiswa bernama Fernando Halim dari Jurusan Arsitektur Institut Modern Arsitektur dan Teknologi (IMAT) di Medan.

Kadishub Sumut Dr. Agustinus bersama Sekdishub Sumut Rochani Litiloly dan Kabid Angkutan Jalan Yunus Pasodung serta Jajaran Eselon IV UPTD PSP Wilayah I Binjai dan UPTD PSP Wilayah III Kisaran Dishub Sumut menghadiri Acara Penyerahan Hadiah Lomba Visi Terminal Binjai / Winner Announcement for Terminal Binjai Vision.

Kadishub Sumut Dr. Agustinus mengucapkan terima kasih kepada Tim UK PACT yang telah menyelenggarakan Kompetisi Visi Terminal Ikan Paus dalam rangka meningkatkan fungsi terminal dengan Pendekatan Partisipatif, khususnya pada kaum yang berkebutuhan khusus.

“Kami percaya design yang diusulkan dari Pemenang I, II dan III pada kesempatan ini yang terbaik dan mempunyai visi ke depan”. Pungkas Kadishub Sumut Dr. Agustinus.

“Kami berharap Tim UK Pact mengimplementasikan piloting yang segera dapat dirasakan masyarakat dan memberikan dampak terbesar terhadap Way Finding, Keselamatan, Kenyamanan, Keteraturan, Keselamatan dan Integrasi dengan layanan Kereta Api”. Kadishub Sumut Dr. Agustinus.

Kadishub Sumut Dr. Agustinus mengucapkan selamat kepada para pemenang, semoga dapat jadikan sebagai penambah semangat untuk lebih berprestasi ke depan, kepada para juri diucapkan terima kasih. Acara dilaksanakan di Jade Room Lantai I Hotel Grand Mercure Medan. Rabu, (27/03/24). #dishubprovsu #dishubsumut #sumaterautara #sumuthebat #dishubsu #sumut