Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara bersama Ditlantas Polda Sumut, Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara, BBPJN Sumut, BPTD Kelas II Sumatera Utara, dan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, instansi dan stakeholder terkait telah melaksanakan survei kesiapan ruas jalan tol fungsional di Sumut.

Hal ini dilakukan sebagai kesiapan menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024. Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara bersama Ditlantas Polda Sumut dan instansi terkait memastikan bahwa jalan tol yang sudah operasional maupun yang fungsional telah siap untuk di lintasi pemudik. Tol yang disurvei adalah ruas Tol Tebing Tinggi – Indrapura- kisaran dan Tol Tebing Tinggi – Dolok Merawan – Sinaksak.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Dr. Agustinus mengatakan, kesiapan sarana mudik menjadi prioritas, dengan memperkirakan potensi jumlah pemudik untuk angkutan jalan sebesar 10-15 %. “Untuk angkutan jalan, puncak arus mudik diperkirakan pada H-3 dan H-2. Salah satu bentuk antisipasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menggelar Program Mudik Gratis,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Lalulintas Polda Sumut Kombes Muji mengatakan, ruas Jalan Tol dari Limapuluh sampai dengan Simpang 3 Kisaran, sepanjang 32 km, telah rampung pembangunannya 100%. Untuk membantu kelancaran arus lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Lintas Sumatra Timur, fungsionalisasi Tol Asahan – Indrapura akan diberlakukan 4 hingga 16 April secara gratis. “Hal ini diharapkan dapat mengatasi hambatan-hambatan seperti perlintasan sebidang rel kereta api, permukiman penduduk, dan persimpangan yang ada di sepanjang jalan,”kata Kombes Muji.

Mengenai skema operasional, Direktur Lalulintas Polda Sumut Muji mengimbau para pengendara agar menjaga kecepatan pada batas kecepatan fungsional yaitu 60 km per jam. Selain itu, pengguna jalan diminta untuk mematuhi aturan yang berlaku demi kelancaran arus lalu lintas. “Kami juga akan lakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas sesuai kebutuhan, dengan fokus pada kelancaran arus mudik,” tambah Muji.

Branch Manager Tol Kisaran Ari Wibowo, menambahkan ruas Tol Kisaran mampu menampung hingga 7.000 s.d 8.000 kendaraan pada hari biasa, namun dapat meningkat menjadi hingga 14.000 kendaraan pada hari puncak mudik.

Namun, pemantauan di lapangan menunjukkan bahwa ruas jalan keluar dari gerbang tol Indrapura menuju Kota Kisaran sepanjang 4 km masih rusak, dengan kondisi jalanan berlubang. Begitu juga sepanjang ruas Tol Kisaran Km 150 masih banyak material berserakan.

Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut juga melakukan pengecekan di perlintasan Kereta Api Sentang di Kisaran sebelum melanjutkan perjalanan ke Tol Sinaksak. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua persiapan telah dilakukan demi kelancaran arus mudik Lebaran 2024 di Jalan Tol Sumut.

Ditemui di pintu gerbang Tol Sinaksak, Kepala Proyek Pembangunan Tol Imam Juni dari PT. Waskita Karya melalui Tim Operasionalnya, Sigit menjelaskan, mereka sedang fokus menyelesaikan pembangunan badan jalan di Tol Sinaksak dan saat ini sedang dikebut pembangunannya. “Kalau untuk keseluruhan jalan, kami akan selesaikan pada 27 Maret, kalau pekerjaan minor dan proses pembersihan kami selesaikan dari 27 hingga 30 Maret. Proyek ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua persiapan dapat terlaksana sesuai target,” ujar Sigit.

Tim Operasional PT. Waskita Karya, Sigit juga menekankan pentingnya memanfaatkan jalan tol yang fungsional, di mana tarif untuk ruas tol dari Sinaksak menuju Dolok Merawan dan Tebing Tinggi masih gratis. Masyarakat juga diimbau untuk memilih jalur yang telah disediakan agar perjalanan mudik mereka lebih lancar dan aman.

Kadis PUPR Sumut Mulyono menambahkan, untuk ruas jalan provinsi, dipastikan dalam kondisi baik. Sementara untuk jalan-jalan yang belum mulus, pihaknya terus memantau dan berjanji akan memastikannya mulus sebelum lebaran.

Melalui koordinasi dan monitoring yang intensif, Dishub Sumut dan instansi terkait memastikan kesiapan ruas jalan tol di Sumut secara menyeluruh, sehingga pemudik dapat melakukan perjalanan dengan aman dan lancar pada musim mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024. Rabu, (20/03/24). #dishubprovsu #dishubsumut #sumaterautara #sumuthebat #dishubsu #sumut