Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Bapak Dr. Agustinus, S.SiT., MT memberangkatkan Tim Survey Kesiapan Prasarana Jalan dalam rangka Pelaksanaan Mudik Lebaran 1444 H Tahun 2023 di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara. Sebelumnya telah dilaksanakan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait yang difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, untuk persiapan pelaksanaan survey bersama tersebut.

Survey ini bertujuan untuk menginventarisir dan mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan/lakalantas, rawan kemacetan dan rawan longsor/banjir/bencana alam. Dengan demikian diharapkan dari hasil survey tersebut, Tim Survey akan menyusun rekomendasi penanganan permasalahan atau potensi permasalahan kepada pihak-pihak terkait sesuai dengan kewenangan masing-masing. Daerah yang rawan kecelakaan lalu lintas ataupun jalan rusak namun belum dilengkapi rambu-rambu keselamatan, akan direkomendasikan penempatan rambu peringatan sementara untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan.

Dengan demikan diharapkan melalui survey bersama ini menjadi acuan bagi pihak pihak terkait untuk melakukan intervensi/penanganan dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan.

Tim Survey tersebut dibagi dalam 3 (tiga) kelompok yang terdiri dari Tim Survey di Zona Pantai Timur, Zona Pantai Barat dan Zona Dataran Tinggi. Adapun instansi yang terlibat yakni : Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara selaku koordinator, Ditlantas Polda Sumatera Utara, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Sumatera Utara, Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara dan Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara.