Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Perhubungan Sumatera Utara berkomitmen mendukung penuh penyelenggaraan Event Internasional F1 Powerboat yang berlangsung di Balige, pada tanggal 24-26 Februari 2023. Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara menyediakan Layanan Shuttle Bus Gratis untuk Mendukung Penyelenggaraan Event Internasional F1 Powerboat (F1H2O) di Balige.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Bapak Dr. Agustinus Panjaitan, S.SiT., M.T., pada saat Apel Kesiapan Personil Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara di Kantong Parkir Lumban Pea, didampingi beberapa Kepala UPTD Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara.
Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara menyiapkan 60 personil yang akan bergabung dengan personil Polri dan unsur Pemerintah Kabupaten Toba dalam rangka pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (MRLL).

Sesuai hasil TFG (Tactical Floor Game) yang dilaksanakan di Balige beberapa waktu yang lalu yang dipimpin langsung Kapoldasu dan Pangdam I/BB, akan fokus pada manajemen parkir dan pengelolaan Shuttle Bus yang kita sediakan termasuk dukungan dari Kementerian Perhubungan RI.

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara terus berkoordinasi secara intensif melalui rapat-rapat dan simulasi lapangan dengan pihak-pihak terkait (Ditlantas Polda Sumut, Kemenko Marves, Kemenhub RI, Pemkab Toba dan Pihak penyelenggara) khususnya dalam penerapan MRLL (Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas) di sekitaran Kota Balige. 

Keberhasilan penerapan MRLL adalah kunci utama kesuksesan event. Karena jika terjadi stagnan arus lalu lintas, maka dipastikan mobilitas penonton dan aktivitas ekonomi masyarakat justru akan terganggu. Untuk itu kita berharap skenario MRLL yang akan diterapkan dapat dipatuhi bersama oleh semua pihak, sehingga mobilitas pengunjung dan masyarakat dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan lebih efisien.

Melalui Event Internasional F1 Powerboat tersebut diharapkan dapat meningkatkan arus kunjungan wisata di kawasan Danau Toba. Moment ini diharapkan dapat untuk memulihkan industri pariwisata di Danau Toba khususnya akibat dampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Bapak Dr. Agustinus Panjaitan, S.SiT., M.T., menjelaskan, selain dukungan penempatan personil di lapangan bersama dengan Polri dan penyediaan prasarana lalu lintas (perambuan), Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara juga menyediakan sarana shuttle bus gratis bagi penonton. Penyediaan Shuttle Bus sebanyak 89 Unit yang akan melayani secara mobile dengan headway per 3-4 menit dari kantong-kantong parkir yang disediakan, dengan total jumlah seat tersedia sebanyak 27.300/hari.

Untuk penonton dari arah Kota Medan, tersedia kantong parkir di Lumban Pea (sebelum simpang by Pass Balige sisi kanan). Sedangkan dari arah Balige kantong parkir terdapat di 6 lokasi, yakni Lumban Gorat 1, 2 dan 3, Simanjalo 1 dan 2 serta Jalan Somba Debata. Selanjutnya dari kantong parkir tersebut pengunjung akan dibawa oleh shuttle bus ke lokasi drop off diseputaran arah ke venue.

Rute Pelayanan Shuttle Bus gratis untuk umum pada penyelenggaraan Event Internasional F1 Powerboat yakni : Kantong Parkir Lumban Pea – Jalinsum – Jembatan Juara Monang – berputar di SPBU Sipahutar (drop off)
Kantong Parkir Balige By Pass – Simpang Longat – Jalinsum (arah ke kota) – Simpang Jalan Sutomo (dropp off) – berputar di SPBU Hutabarat.

Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara juga menempatkan personil di lokasi kantong parkir yang disediakan untuk membantu pengaturan parkir dan memonitor operasional Shuttle Bus, dipastikan semua penonton akan terangkut, jadi pengunjung tidak perlu khawatir.

Kami berharap para pengunjung/penonton yang akan datang ke Kota Balige dapat memanfaatkan fasilitas shuttle bus tersebut dan tidak memaksakan diri membawa kendaraan masuk ke kota, terlebih ke lokasi venue, karena hal tersebut justru akan menambah kemacetan yang merugikan kita semua.

Lumban Pea, Balige. (Kamis, 23 Februari 2023)