Dinas Perhubungan Provsu – Pelaksanaan Apel Pagi Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dipimpin Kepala Bidang Perkeretaapian dan Pengembangan Ibu Rochani Litiloly, S.T., M.T., sebagai Pembina Upacara yang diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara. Dalam pidatonya Beliau menyampaikan Pidato Pengarahan Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi pada Pelaksanaan Apel Pagi untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap, diharapkan dapat menaikan nilai tukar para nelayan dan dapat mensejahterakan para nelayan. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), yang merupakan gerakan Nasional dan dilaksanakan terus menerus secara berkesinambungan dengan melibatkan seluruh masyarakat.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dilaksanakan terutama pada Serah Pedesaan dan Perkotaan dengan tingkat konsumsi ikan yang rendah dan daerah dengan konsumsi gizi buruk atau rawan pangan. Dengan adanya Progran Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) diharapkan tingkat konsumsi ikan masyarakat di Sumatera Utara akan meningkat.

Dalam Pidato Pengarahan Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi menghimbau :

  1. Selalu hidangkan menu masakan ikan sebagai menu utama dalam keluarga kita dirumah;
  2. lakukanlah inovasi dalam pengelolahan berbahan dasar ikan, sehingga produk perikanan dapat digemari oleh semua kalangan masyarakat melai dari anak-anak sampai lanjut usia;
  3. Manfaatkan pekarangan rumah secara maksimal untuk budidaya ikan.