Untuk mendukung lancarnya rute penyeberangan pelayaran dan sistem keselamatan di kapal, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara menggelar pelatihan Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk petugas KMP Sumut I dan II di Gedung Kantor Cabang PT. PPSU Simanindo, Samosir. Rabu (8/12/2021).

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari, narasumber Edy Arianto, ANT.III dan Achmad Chojali dari Dishub Sumut akan memberikan paparan yang diikuti seluruh petugas KMP Sumut I dan II.

“Penerapan SPM bagi petugas kapal sangat penting dalam lintasan penyeberangan agar masing-masing petugas di kapal mengetahui tugas dan tanggung jawab,” kata Edy Arianto.

Pemerintah, katanya, tetap mengingatkan kembali akan pentingnya keselamatan berlayar dan akan melakukan pembinaan dan pengawasan untuk menjamin akses mutu pelayanan dasar kepada masyarakat.

Edi Arianto menjelaskan tugas dan tanggung jawab penting dimana nahkoda bertanggung jawab atas keselamatan para pelayar yang ada di atas kapalnya.

“Setiap kapal yang berlayar petugas harus memakai dinas, serta nakhoda memiliki sertifikat,” sebut Edy yang merupakan alumnus AMI Medan.

Sementara, Kabag Transportasi PT. PPSU, Rama Tresa menyebutkan, mulai awal tahun 2022 akan melakukan latihan keadaan darurat demi pelaksanaan keselamatan pelayaran.

“Tujuan penerapan ISM Code adalah menjamin keselamatan untuk menghindari kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa serta kerusakan kapal dan menimbulkan pencemaran lingkungan,” ucapnya

By dishub